Ulang Tahun PSMTI Bali ke-18, Diisi dengan Aksi Sosial Donor Darah

Ketua PSMTI Bali Hendra A Wasita memimpin langsung aksi donor darah

Kabarnusa.com – Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Bali menggelar aksi kemanusiaan berupa donor darah yang diikuti 44 orang pendonor dari organisasi tersebut.

Kegiatan dipusatkan di Sekretariat PSMTI Bali Jalan PB Sudirman, Ruko Kompleks Sudirman Agung, Denpasar, Minggu (21/1/2018) berlangsung lancar.

Sejak pagi, puluhan anggota PSMTI memadati lokasi, untuk ambil bagian dalam kegiatan sosial yang digalang menyambut kelahiran organisasi dan Tahun Baru Imlek. Nantinya, kantong darah yang terkumpul akan diberikan ke PMI untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Ketua PSMTI Bali Hendra A Wasita mengungkapkan, aksi donor darah melibatkan warga Bali keturunan Marga Tinghoa, tergolong masih baru.

Selama ini, memang aksi donor darah menyambut ulang tahun PSMTI selalu digelar, selain aksi sosial kemasyarakat lainnya untuk menolong warga khususnya kurang mampu. Hanya saja, warga Tionghoa yang ikut mendonorkan darah mereka masih belum banyak.

“Kali ini, ulang tahun PSMTI Bali ke-18, jatuh pada 22 Januari 2018, kami isi dengan aksi sosial” jelasnya. Organisasi yang menaungi warga keturunan Tionghoa lahir di Bali sejak tahun 2000, sampai saat ini, tetap eksis dan berkiprah di aksi sosial kemasyarakatan.

Mengingat, perayaan ulang tahun berdekatan dengan Tahun Baru Imlek pada 16 Februari 2018 sehingga pelaksanannya digelar berbagai macam aksi sosial. “Donor darah ini tidak kami lakukan saat Hari Imlek, karena bersamaan orang sibuk bersembahyang sehingga kami gelar sekarang,” sambungnya.

Disebutkan, momentum perayaan jatuh pada Tahun Imlek 2569 disambut dengan berbagai kegiatan sosial seperti pada awal Januari nanti akan melakukan pengobatan gratis ke Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem yang masyarakatnya terdampak erupsi Gunung Agung .

Untuk perayaan Tahun Baru Imlek akan digelar pada 3 Maret mendatang sekaligus bersamaan menandai, dimulainya arisan keluarga besar warga Tionghoa di Bali.

Dalam penyelenggaraan seluruh rangkaian menyambut 18 tahun PSMTI di Bali, pihaknya mendapat dukungan penuh program Artha Graha Peduli (AGP) dari Discovery Kartika Plaza Hotel (DKPH), yang memang konsern dengan kegiatan sosial kemasyarakatan itu.

“Tanpa dukungan DKPH, sulit bagi kami bisa menyelenggarakan perayaan ulang tahun PSMTI, demikian juga dalam support kegiatan sosial lainnya,” imbuh Hendra.

Sejak awak kelahirannya, organisasi ini memang konsern, terlibat intens dalam kegiatan sosial seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis hingga perhatian bantuan kepada para lansia yang tinggal di Panti Jompo.

Meski dalam aksi donor darah seperti kali ini, tidak sampai ratusan kantong darah yang berhasil dikumpulkan, namun sejatinya setitik darah atau sekantong darah itu, sudah sangat memberi arti penting bagi kemanusiaan dalam menyelamatkan nyawa orang.

“Satu kantong darah, entah berapa nilainya, namun luar biasa artinya dalam menyelamatkan nyawa manusia,” tandas dia.

Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah kemanusiaan, lewat aksi donor darah ini, pihaknya ingin memberikan pembelajaran atau mendidik suku Tionghoa untuk lebih peduli dengan berani menyumbangkan darah bagi sesama.

“Kami ingin mendidik kepada warga kami, sampai generasi muda dan anak cucu nanti agar menyumbangkan darah mereka, ini hal baru di kalangan kami namun perlahan sudah mulai bergilir seperti dilakukan di vihara-vihara di Bali,” tutur Hendra sembari menyebutkan jumlah anggota PSMTI di Bali tercatat hingga 500 KK.

0 Comments

Leave a reply

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, ASAP.

Sending

Komplek Puri Delta Mas blok H 8-9, Jl. Bandengan Selatan No. 43. Jakarta Utara 14450

©2019 PSMTI exclusively made by Cerberus Works

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?